Pages

Friday 26 July 2013

Dibalik …Menara Masjid…itu…?


Kebetulan saya mendapatkan Client yang ingin sekali membungkus struktur menara masjid dengan GRC 
Dan menjadi hal yang sangat saya hindari dari dulu … jika saya harus mendesain  bangunan yang  berhubungan dengan Tempat ibadah Masjid. 
Karena saya memiliki alasan yang syar'i, dan tanggung jawab Moral saya sebagai “architeck”

Entah itu kubah, kerawangan atau apapun, yang pada intinya Clien menginginkan masjid kita harus Indah, masjid kita harus Wah…Megah dan Gagah alasan yang sering   saya dengar keluar dari Bapak-bapak yang terhormat ini

mungkin rekan kerja saya juga tau bahwa saya engan /tidak mau desain masjid, yang tentu saja alasan saya ini akan sangat merugikan perusahan tempat saya bekerja.

By the way  hal yang wajar  bahwa di dalam suatu Kepengurusan masjid DKM  pastilah  ada pro dan kontra.

Bapak Pro: “Masjid ya …punya menara…  Masjid ya  memiliki kubah…..

Bapak Kontra: ” Pembangunan menara belum diperlukan atau bahkan tidak perlu karena alasanya tidak kuat. sudah ada teknologi speker/horn  yang tujuan hakekatnya masyarakat muslim sudah bisa mendengar panggilan  adzan.  (Apa ada sholat jum’at yang sepi hayo…….?)

Bapak kontra:” Lebih baek penggunaan dana  untuk membangun kwalitas jamaah…itu akan lebih baik dan thoyib.(saya acungi jempol) .salah satu contoh kecil misalnya…pangiil Ustad yang aqidahnya benar untuk ngajar ngaji Bapak ,Ibu ,Anak-anak masyarakat…dengan harapan Faham Tauhid dan Aqidah Islam.

Bapak Pro:”Kuno, tidak modern, Dangkal…...Kapan Islam Bisa maju..kalo cara berfikiranya seperti bapak….ini masjid rumah Allah..Allah Maha Indah kita harus hormati masjid ini….kita bangun semegah-megahnya.dll…

Bapak Kontra:” Maaf Bapak islam tidak memerlukan make up, Islam sudah Indah dari dalam tidak memerlukan polesan karena Islam sendiri sudah sempurna, beda dengan Kaum Nasrani dan yang lainya yang menutupi kebobrokan aqidah agamanya mereka dengan make up bangunan2 ibadahnya supaya kelihatan Indah..Muanteb bagus .
Apa kita mau Tasyabuh menyerupai kaum kafir…? Tentu saja Tidak……apakah dengan bangunan Masjid kita indah akan membikin umat ini Bagus juga….? Tidak …juga kan….Bapak…..
(to be continue part 2)





0 comments:

Post a Comment